Baru-baru ini facebook mengupdate dirinya. Ada 2 hal penting perubahan dari update ini, pengarsipan grup yg tidak lagi aktif dan pengarsipan berkas chat yg dilakukan di fitur chatting facebook. Dari perubahan ini maka nantinya jika ada sesuatu yg dibutuhkan dari sebuah grup yg tidak lagi aktif (telah diarsipkan oleh facebook karena tidak melakukan update sampai batas yg ditentukan) maka cukup dengan menghubungi pihak facebook maka arsip akan mudah ditemukan, adapun persoalan pengarsipan berkas chat di facebook akan memberi manfaat bagi pengguna facebook jika ingin melihat chat yg pernah dilakukan tanpa memerlukan lagi aplikasi dari pihak ketiga. 2 perubahan ini tentu memberikan manfaat bagi pengguna dan dari pihak facebook sendiri hal ini tentu memberi manfaat yg luar biasa, pengarsipan grup yg tidak aktif tentu membuat ruang pada server facebook jadi lapang (tidak lagi dipenuhi grup-grup yg telah menjadi bangkai/sampah).


Namun jika dilihat dari sudut pandang keamanan dan peluang bisnis bagi facebook maka kita akan melihat bahwa perubahan ini tentu sangat berbahaya bagi keamanan chat yg dilakukan di facebook karena seluruh aktifitas chat akan terarsip dengan baik dan parahnya karena arsip berkas chat tidak tersimpan dalam perangkat yg digunakan user tapi tersimpan pada server facebook (coba bandingkan jika chat via instant messenger dengan aplikasi tertentu, arsip tersimpan di perangkat user). Adapun terkait dengan pengarsipan grup facebook, mungkin saja jika suatu saat ada seseorang atau perusahaan yg butuh berkas dari sebuah grup yg telah diarsipkan facebook maka facebook dapat dengan mudah menjualnya karena arsip grup tersebut tidak dapat lagi diakses secara bebas.

Hal ini memang hanya dugaan-dugaan, tapi dalam persoalan keamanan ada baiknya perubahan pada update facebook dicermati dengan baik, jika ingin sedikit merasa aman meski anda tidak dapat seratus persen aman di dunia maya karena semua mungkin untuk terjadi.

Posted in Diposting oleh ....

 
wake up before too late.//edited by zukoz3n