Berbicara tentang dampak penggunaan free dan open source software bagi masa depan dunia pendidikan bukan hanya di wilayah biaya pendidikan, lebih dari itu, penggunaan free dan open source software akan berdampak pada berbagai aspek dan salah satunya yaitu pada paradigma.


Sebahagia dari kita mungkin beranggapan bahwa penggunaan software proprietary (berkepemilikan) tidak akan mempengaruhi paradigma kita. Anggapan ini ada benarnya namun tidak sepenuhnya benar karena dengan menggunakan software proprietary maka kita akan selalu berada dalam bayang-bayang ketakutan akan tuduhan pembajakan jika menggandakan atau membagi software proprietary yang kita miliki. Akibat dari kondisi tersebut maka kebiasaan untuk saling berbagi dan menolong yang diajarkan sedari kecil perlahan-lahan akan terkikis habis maka akan terciptalah sebentuk paradigma baru yang tertutup (sebagaimana karakter tertutupnya software proprietary).
Paradigma tertutup ini akan menciptakan manusia-manusia yang tidak memilih kepekaan sosial dan budak-budak yang terus berada dalam bayang-bayang ketakutan serta kontrol dari seseorang atau instansi. Jika kondisi tersebut terus berkembang akan terbentuk sebuah tatanan masyarakat asosial dimana manusia-manusia didalamnya tidak pernah saling peduli dengan sesama dan yang lebih parah lagi jika manusia menjadi mangsa bagi manusia yang lain.
Sama halnya dengan penggunaan software proprietary, penggunaan free dan open source juga memiliki pengaruh terhadap paradigma si pengguna. Free dan open source software merupakan software yang dapat disebarluaskan dan digandakan tanpa pernah takut akan berakhir dipenjara karena tuduhan melakukan pembajakan. Karena dapat dibagi dan disebarkan secara cuma-cuma maka kecenderungan dasar manusia yaitu ingin selalu berbagai, menolong, bekerja sama, tidak akan tertekan (justru sebaliknya, kecenderungan tersebut akan mendapat ruang-ruang yang lebih luas). Dampak yang lain (yang tidak kalah pentingnya) atas penggunaan free dan open source software adalah terbukanya ruang-ruang kreatifitas yang disebabkan oleh dua hal yaitu terbukanya source code dari software dan teradisi berpikir di luar kotak (out of box). Tapi hal yang berbeda akan terjadi jika kita menggunakan software proprietary, penggunaan software proprietary akan mematikan kreatifitas dan memunculkan ketergantngan pada pembuat software atau dominasi (ini disebabkan karena source code dari software-software proprietary tertutup karenanya tidak semua orang dapat berkreasi dengan software proprietary).
Penjelasan diatas memang masih terlalu singkat namun dari penjelasan diatas maka kita dapat melihat pengaruh software yang digunakan terhadap paradigma si pengguna. Adapun penjelasan lainnya, tentu dapat dibicarakan dan disesuaikan (sebagai mana halnya free dan open source software).

Mungkin semua terlihat bagaikan mimpi,
Jika ternyata memang semua itu hanyalah mimpi semata, paling tidak semua itu adalah mimpi indah.



**gratis, segeratis sinar rembulan yang indah disaat purnama**

Posted in Diposting oleh ....

 
wake up before too late.//edited by zukoz3n