Materi dalam tulisan ini adalah barang lama dan sepenuhnya hanya untuk pemula.

Meski OS Windows XP (selanjutnya disebut “XP” saja) adalah OS yang memiliki banyak kelemahan namun sesungguhnya dengan sedikit konfigurasi maka dapat dibuat menjadi sedikit aman walau sebenarnya tetap tidak aman.
Salah satu cara membuat XP pada PC Stand Alone menjadi sedikit aman adalah mengkonfigurasi user.
Yang membuat XP pada PC Stand Alone sangat rentan untuk diserang adalah kondisi dimana secara default XP menggiring penggunaan Account Administrator, meski dengan nama login bisa apa saja tapi tipe accountnya tetap administrator sehingga configurasi sistem dan file-file sistem dapat diobrak-abrik baik oleh pengguna legal maupun oleh pengguna ilegal dengan atau tanpa bantuan software khusus. Untuk membuatnya menjadi lebih aman maka mengkonfigurasi user account dengan menambah user dengan tipe limited sehingga penggunaan account administrator yang bertipe limited dapat dihindari dengan hanya menggunakannya sewaktu-waktu jika diperlukan. Satu lagi masalah yang secara internal terkandung dalam XP adalah diizinkannya pengosongan password administrator (ini adalah setting default pada saat penginstallan XP) sehingga orang sangat mudah untuk menggunakan komputer dengan account administartor karena itu untuk membuat XP sedikit lebih aman maka berikanlah password pada account administrator.
Dengan membuat user account minimal 2 (user dengan tipe limited dan administrator dengan tipe unlimited) dan memberikan password pada account administrator maka XP akan menjadi sedikit aman dan membuat anda sedikit tenang.
User account dapat dikonfigurasi pada control panel.

Rekomendasi: Gunakan OS yang betul-betul aman dan kenali sistem yang kau gunakan.

* Tulisan ini ditulis dengan aplikasi OpenOffice yang berjalan di OS LINUX.



--- DUKUNG GERAKAN OPEN SOURCE DI DAERAHMU ---


Posted in Diposting oleh ....

 
wake up before too late.//edited by zukoz3n